We Need To Talk About Kevin

image

Sutradara : Lynne Ramsay
Screenplay : Lynne Ramsay
Produksi : BBC Film
Tahun : 2011
Genre : Drama, Thriller
Cast : Tilda Swinton, Ezra Miller, John C. Reilley

Film yang dirilis pada tahun 2011 dan bergenre drama dan thriller ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Lionel Shriver. Berkisah tentang seorang wanita bernama Eva Katchadourian (Tilda Swinton) yang berusaha menata kembali hidupnya setelah mengalami keterpurukan akibat pembunuhan massal yang dilakukan oleh putranya Kevin (Ezra Miller), di sekolah. Hidup dengan kebencian dari orang-orang di sekitarnya membuatnya tertatih-tatih untuk bisa bangkit kembali.

Di tengah usahanya itu, Eva mencoba merangkai kembali peristiwa-peristiwa masa lalu untuk menemukan apa penyebab sesungguhnya yang menjadikan Kevin seorang pembunuh kejam. Sejak Kevin lahir, berbagai keanehan memang tampak dalam diri Kevin. Saat masih bayi Kevin sulit berhenti menangis sampai berteriak-teriak. Lalu di usia yang sudah cukup besar, Kevin masih menggunakan popok karena Kevin tidak mau berlatih buang air di kamar mandi. Hubungan Kevin dan Eva pun tidak baik dan Kevin cenderung memusuhi Eva.

Melihat kejanggalan-kejanggalan ini, Eva mencoba membicarakannya pada Franklin (John C. Reilley), suaminya. Namun Franklin enggan menganggapnya sebagai masalah yang serius. Bagi Franklin apa yang dilakukan Kevin adalah kenakalan biasa yang lazim dilakukan anak seusianya. Sampai akhirnya ketakutan Eva pun terjadi, Kevin melakukan massal di sekolahnya.

Favorite Part

May I skip this section? 😀 Bukan karena tidak ada adegan atau bagian yang saya sukai dari film ini, justru seluruh adegan dalam film ini terasa begitu penting sehingga sulit untuk memilihnya. Seluruh adegan dalam film ini dibuat seperti kepingan-kepingan puzzle yang harus kita rangkai.

Di luar itu saya mengagumi karakter Eva yang kuat. Apa yang menimpanya bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah dihadapi namun Eva tetap berusaha bangkit dan berjalan dengan tegak.

Kesimpulan

Bagi penggemar film-film yang berkaitan dengan psikologi, film ini pantas untuk menjadi pengisi waktu luang. Bahkan mungkin psikolog, psikiater ataupun ahli kejiwaan harus menonton film ini sebagai ‘bahan observasi’ ringan mengingat belakangan ini sering terjadi hal serupa di dunia. Meskipun film ini tidak memberikan jawaban secara gamblang atas perilaku Kevin yang menyimpang.

Disebutkan bahwa film ini bergenre thriller namun menurut saya nuansa thriller-nya tidak terlalu menonjol. Jadi untuk yang merasa ngeri menyaksikan adegan-adegan sadis dan darah, film ini masih bisa anda nikmati.

Setahu saya film ini tidak pernah masuk ke Indonesia. Mungkin agak sulit untuk menemukan DVD-nya. Anda bisa menikmati ‘We Need To Talk About Kevin’ di sini

Star : 4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s