Inilah Aku Tanpamu

Alunan lagu Here, There And Everywhere versi instrumental terdengar di sela denting alat makan yang beradu dan obrolan-obrolan hangat di restoran ini. Aku duduk sendirian di salah satu sudut restoran, mengamati sekitar. Tampaknya malam ini pasangan kekasih mendominasi jumlah pengunjung restoran. Wajar, hari ini adalah hari Valentine, hari penting bagi orang-orang yang sedang dimabuk cinta. Aku pun sama dengan mereka. Malam ini aku akan menikmati makan malam yang romantis dengan pria yang paling kucinta.

Membayangkan sosoknya saja sudah membuat pipiku memerah. Aku menatap sekotak hadiah yang telah kupersiapkan untuknya seraya tersenyum. Aku menghabiskan waktu berhari-hari demi hadiah itu. Ah, kenapa dia belum datang juga?

Baru saja hendak kuhubungi dia, sosoknya sudah menyapa pandanganku. Langkahnya tergesa menuju ke mejaku.

“Maaf ya,” ujarnya begitu sampai di mejaku. “Aku salah memperhitungkan waktu. Rapat selesai lebih dari jadwal, belum lagi macet.”

“Tidak apa-apa,” kataku.

“Happy Valentine’s day!” Aku menyerahkan hadiahku padanya.

“Wah!” serunya. “Apa ini?” tanyanya seraya mengguncang-guncang hadiah di tangannya.

“Buka saja.”

Dengan hati-hati ia membuka kotak itu lalu mengeluarkan isinya. Sebuah patung kayu setinggi sepuluh sentimeter berbentuk sekuntum mawar layu yang kupahat sendiri. Ia memperhatikan patung itu dengan seksama.

“Bagus, tapi kenapa bentuknya seperti ini?” tanyanya.

Aku merebut benda itu dari tangannya. “Seperti inilah aku tanpamu, layu. Jadi jika suatu saat nanti kamu berpikiran untuk meninggalkanku, lihatlah patung ini dan bayangkan bagaimana hidupku tanpamu,”

Ia mengambil sesuatu dari dalam sakunya. Sebuah kotak kecil. Ia membukanya dan memperlihatkannya padaku. Di dalamnya, sepasang cincin emas putih polos diletakkan.

“Cincin ini akan mengikatku di sisimu selamanya. Happy Valentine’s day!”

Advertisements
This entry was posted in Fiction.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s