Questions About Life and Death

“No one wants to die. Even people who want to go to heaven don’t want to die to get there. And yet death is the destination we all share. No one has ever escaped it. And that is as it should be, because Death is very likely the single best invention of Life. It is Life’s change agent. It clears out the old to make way for the new.” -Steve Jobs.

Entah kenapa berita meninggalnya Steve Jobs, ex CEO Apple pagi ini memberi pengaruh yang cukup besar pada perasaanku. Bukan rasa kehilangan karena toh aku sebenarnya nggak terlalu mengenal sosok dan cerita hidup Jobs. Berakhirnya masa tugas Jobs di dunia ini membuat aku merenungi arti hidup dan kematian. Seorang Steve Jobs yang begitu sukses dan kaya, dikagumi dan dijadikan role model bagi banyak orang, pada akhirnya berakhir juga pada sebuah fase yang disebut kematian.

Jadi sebenarnya apa tujuan kita sibuk kesana-kemari mencari kesuksesan, materi dan reputasi, bila pada akhirnya semua itu akan lenyap ditelan kematian? Lalu apa tujuan Tuhan menaruh kita di atas muka bumi ini dengan dilengkapi segala akal dan juga ketamakan bila Tuhan hanya akan memanggil kita semua suatu hari nanti dan menyuruh kita melepaskan semua yang telah kita miliki di dunia ini? Apakah semua yang kita lakukan ini hanyalah sebuah kesia-siaan atau di ujung sana nanti akan ada sebuah penjelasan yang membuat kita ikhlas dan nggak menyesali hidup ini?

Aku cuma berusaha percaya bahwa Tuhan yang mengaku tidak menyukai sesuatu yang sia-sia, tentunya nggak menciptakan kita hanya untuk sekadar numpang bernapas di dunia ini. Ada sebuah misi yang diembankan pada masing-masing dari kita. Apa misinya, aku juga nggak tahu. Cuma satu yang bisa aku dan kita semua lakukan yaitu menjalani hidup ini sebaik-baiknya, sesuai dengan apa yang hati kita tuntunkan. Dan pada akhirnya, saat tiba giliran kita mengecap manisnya kematian, nggak ada lagi penyesalan yang tersisa dalam hembusan napas terakhir kita.

RIP Steve Jobs 06-10-2011.

Advertisements

One comment on “Questions About Life and Death

  1. hodup adlh kesempatan yg di beri Tuhan utk kita dapat memberi arti bagi org lain….selama kita hidup manfaatkanlah waktu dgn bijaksana dan pada menggambar senyum di berbagai wajah org lain,sehingga pada saatnya kita pergi kita menuai airmata ketulusan dari org-org yg mencintai kita..^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s